MAKALAH
SEJARAH KOMPUTER
HARDWARE
DAN SOFTWARE

Mata Kuliah
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Disusun Oleh
Nadia Saputri
1201413050
Pendidikan Luar Sekolah
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Semarang
2013
11.
Rumusan Masalah
1.
Apakah yang dimaksud
dengan komputer ?
2.
Bagaimana sejarah
perkembangan komputer ?
3.
Apa yang dimaksud
dengan hardware dan software ?
4.
Bagaimana perkembangan
hardware dan software ?
5.
Apa saja jenis-jenis
hardware dan software ?
6.
Bagaimana fungsi
hardware dan software ?
12.
Tujuan
1.
Menjelaskan pengertian
komputer
2.
Menjelaskan sejarah
perkembangan komputer
3.
Menjelaskan pengertian
hardware dan software
4.
Menjelaskan
perkembangan hardware dan software
5.
Menjelaskan berbagai
jenis hardware dan software
6.
Menjelaskan fungsi atau
kegunaan dari berbagai macam hardware dan software
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Komputer
Komputer
adalah alat elektronik otomatis yang
dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yang diinstruksikan, dan
memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia (film,
musik, televisi, faksimile, dsb), biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit
pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan. Kata komputerberasal dari
bahasa Latin yaitu “computare” dan bahasa Inggris yaitu to compute yang artinya
menghitung. Kata komputer
semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika,
dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin
itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan
dengan masalah aritmatika,
tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan
matematika.
Secara
luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang
terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu
dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan
data yang ada. Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule,
jenis kalkulator mekanik
mulai dari abakus
dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer.
Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer"
adalah "yang memproses informasi"
atau "sistem
pengolah informasi."
Saat
ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil,
secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi
dalam sejarah komputer.
2.1Sejarah Perkembangan Komputer
Generasi
pertama
Dengan
terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang
tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis
yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer
serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse,
seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat
terbang dan peluru kendali.
Pihak
sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun
1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan
Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan
Colossus tidak terlalu memengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan
dua alasan. Pertama, Colossus bukan merupakan komputer serbaguna(general-purpose
computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan
mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.
Usaha
yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain.
Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM,
berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut
berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel
sepanjang 500 mil. The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator,
atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal
elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi
dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak
fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat
melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan
komputer lain adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang
dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of
Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta
titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang
mengonsumsi daya sebesar 160kW. Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert
(1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna
(general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark
I.
Pada
pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim
University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang
hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann
mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun
1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini
memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan
pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan
sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan
melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer
I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang
memanfaatkan model arsitektur Von Neumann tersebut.
Baik
Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu
hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam
memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.
Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi
dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki
program kode biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin"
(machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan
membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum
(yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik
untuk penyimpanan data.
Generasi
kedua
Pada
tahun 1948, penemuan transistor sangat memengaruhi perkembangan komputer.
Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya,
ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di
dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan
memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih
kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding
para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah
superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand
membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk
laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan
yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan
cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi
kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di
Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy
Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua
menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa
yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.
Pada
awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang
bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua
ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga
memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat
ini seperti printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan
program.Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah 1401 yang
diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh
bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk
memprosesinformasi keuangan.
Program
yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya
memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan
kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini,
komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan
desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai
bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language
(COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa
pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat,
dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini
memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam
karier baru bermunculan (programmer, analis sistem, dan ahli sistem komputer).
Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer
generasi kedua ini.
Generasi
ketiga
Walaupun
transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan
panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal
komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby,
seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi
(IC : integrated circuit) pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga
komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir
kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak
komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor.
Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat
dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah
penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk
menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program
utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
Generasi
keempat
Setelah
IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan
komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan
komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration
(VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale
Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk
memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah
keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut
juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel
4004 yang dibuat pada tahun 1971membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan
seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan
kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC
dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah
mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh
kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap piranti rumah tangga
seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection
(EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan
yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa.
Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga
pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk
komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut
minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh
kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program
word processing dan spreadsheet.
Pada
awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada
komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
Pada
tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk
penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak
dari 2 juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit pada tahun 1982. Sepuluh
tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju
ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop
computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau
bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop). IBM PC bersaing dengan Apple
Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal
karena memopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih
menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga memopulerkan penggunaan
piranti mouse.Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible
dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV
(Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua
masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
Seiring
dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk
menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu
komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan
dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan
juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Jaringan
komputer memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik
untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung
(disebut juga Local Area Network atau LAN), atau [kabel telepon, jaringan ini
dapat berkembang menjadi sangat besar.
Generasi
kelima
Mendefinisikan
komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat
muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000
dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan
seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan
buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk
melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar
dari pengalamannya sendiri.Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari
kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa
komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia.
Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini
tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang
diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung
pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara
langsung.
Banyak
kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan
pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah
kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model
non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak
CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi
superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun,
yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang
adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer
generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga
dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini
telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer
generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di
dunia.
2.2
Hardware
Perangkat keras komputer
(hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang
berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya. Hardware merupakan perangkat brewujud fisik yang
berfungsi memasukkan, mengolah, dan menampilkan keluaran, serta digunakan oleh
sistem untuk menjalankan perintah yang telah diprogramkan. Perangkat keras juga
merupakan bagian dari sistem komputer yakni sebagai eksekutor dari perintah
yang telah diprogramkan melalui perangkat lunak (sofftware) yang ditanamkan
pada hardware. Jadi, hardware bukan sekedar sebuah benda yang dirasakan dengan
panca indera melainkan harus memiliki keterkaitan dengan sistem komputer.
Perangkat hardware terdiri dari lima
jenis :
1) Perangkat
masukan (Input device)
Perangkat
masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke
dalam komputer. Contoh perangkat input :
a 1. Keyboard
Keyboard merupakan
unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer.
Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai
media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan,
seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal
dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham
pada tahun 1868 dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington.
Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973,
keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar
Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard
sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2,
usb dan wireless.
b 2. Mouse
Fungsi alat ini
adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat
sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai
digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical
User Interface). Sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola
kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian
besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan
yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan
tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah
penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan
berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada
pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula
istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri
mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan
objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya.
Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan
klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali
disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu
mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
c 3. Touch
Pad
Unit masukkan ini
biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan
sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse.
Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick
dan trackball.
d 4. LightPen
Light pen adalah
pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan
screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal
cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan
merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
5. Joy Stick
Alat ini biasa
digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat.
f. 6. Barcode
Reader
Barcode termasuk unit masukan (input
device) yang berfungsi untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau
garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk
angka-angka. Kode-kode ini
biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku.
Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia
untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
7. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat
berfungsi untuk menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam
memori komputer. Dari memori
komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi
scanner mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy
hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan
melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau
modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text
maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa
digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa
digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang
biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian
Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang
dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner
untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas
OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam
bentuk teks.
8. Kamera Digital
Perkembangan
teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari
kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih
bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan
scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya.
Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan
pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa.
Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera
tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke
komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam
jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan
kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
i. 9.
Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini
berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori
komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam
suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat
chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya
yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk
mendengarkan suara.
2)
Perangkat Pengolah Data (Processor)
Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data. Contoh
perangkat pengolah data , diantaranya
1.
Power Supplay
Power supplay menyediakan arus
listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan
aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan
kwalitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 watt yang disalurkan power
supplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik.Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan
banyak menggunakan Periferal ( unit tambahan).
2.
Prosesor
Pengertian Prosesor, atau
yang biasanya disebut dengan CPU, adalah otak dari komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang
memungkinkan computer untuk bias digunakan menjelajah internet, memutar lagu, dll.
3.
Motherboard
Motherboard atau Papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen
elektronik saling terhubung, motherboard biasa disingkat dengan kata mobo. Pada
motherboard inilah perangkat keras seperti Harddisk, ram, prosesor, kartu
grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan. Motherboard yang banyak ditemui
dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan
dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
4.
Modem
Modulator demodulator sering disebut dengan modem. Yaitu bagian dari
hardware yang memproses sinyal analog menjadi digital atau sebaliknya memproses
data digital menjadi sinyal analog. Modem digunakan untuk melakukan koneksi
internet. Dilihat dari penempatannya, ada dua jenis modem yaitu modem internal
dan modem eksternal.
5.
NIC
Ethernet card sering disebut dengan
Network Interface Card atau NIC. Dalam bahasa Indonesia disebut juga
dengan kartu jaringan. Ethernet card yaitu alat yang memproses sinyal jaringan
komputer.
3) Perangkat
Penyimpanan (Storage Device)
1.
Harddisk (HDD)
Harddisk bisa juga
disebut Harddisk drive (HDD) atau hard drive (HD), Harddisk adalah sebuah salah
satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data
sekunder, di dalam harddisk berisi piringan magnetis. Harddisk pertama kali diciptakan
oleh salah satu insinyur IBM, ia adalah Reynold Johnson pada tahun 1956.
Harddisk yang juga dikenal dengan nama piringan keras ini pertama kali terdiri
dari 50 piringan berukuran 2 kaki atau 0,6 meter, dengan kecepatan putaran
mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB.Data
yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan
listrik. Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan
untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
2.
CD/DVD
Adalah media penyimpanan yang dapat
dibaca melalui media yang disebut CD ROM/DVD ROM. Kapasitas CD adalah 700 mb,
sedangkan DVD memiliki kapasitas 8 GB.
3.
Disket
Disket fungsinya
sama dengan hard disk, hanya kapasitasnya menyimpan data sangat kecil, selain
itu disket juga mempunyai akses data yang lambat, disket juga rentan terhadap
kerusakan.
4.
Flash disk
Fungsi utama flash
disk sebagai media penyimpanan data. Alat ini berukuran kecil dan sangat mudah
dipindah-pindah. Untuk mengakses flashdisk ini cukup dengan menancapkan pada
port usb dan secara otomatis sistem operasi akan langsung mendeteksi.
4)
Perangkat
Tambahan (Periferal)
Selain
perangkat keras dan perangkat lunak, ada juga
beberapa perangkat tambahan yang juga menjalankan system kerja computer yaitu perangkat tambahan
atau peripheral. Perangkat tambahan ini dikenal
dengan nama Periferal Device. Perangkat Periferal adalah perangkat-perangkat komputer
yang berada atau terletak di luar cassing CPU.
Berdasarkan
kegunaannya periferal terbagi dua yaitu:
1. Periferal utama (main
peripheral) yaitu peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer.
Contoh peripheral utama yaitu: monitor, keyboard dan mouse.
2. Periferal pendukung (auxillary peripheral) yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu. Contohnya yaitu: printer, scanner, modem, webcam dan lain-lain.
2. Periferal pendukung (auxillary peripheral) yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu. Contohnya yaitu: printer, scanner, modem, webcam dan lain-lain.
Untuk menghubungkan perangkat peripheral tersebut kekomputer
dengan menghubungkan dengan kabel ke port yang ada di komputer. Ada beberapa jenis
port yang akan menghubungkan antara perangkat peripheral tersebut ke dalam system computer diantaranya
adalah : Port USB, Port PS2, Port Serial dan Port Paralel.
5)
Perangkat
Keluaran (Output device)
Perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung
dan menghasilkan data yang dikeluarkan. Contoh perangkat keluaran :
1.Monitor
Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy
device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupagambar yang
tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah
hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai
ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor
memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan
ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor
saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar
cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
2.Printer
Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan
pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan
ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis
printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan
printer Laser jet.
3.Speaker
Speaker di sini pengertiannya sama dengan speaker pada
umumnya, Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi
audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
4. Proyektor
Proyektor
adalah alat yang befungsi memproyeksikan atau memancarkan data atau slide yang
bersumber dari komputer. Yang tidak kalah penting dalam pemakaian
LCD Projector adalah screen projector. Screen projector adalah layar yang
digunakan sebagai tempat dipancarkannya sinar LCD Projector.
2.3 Software
Software yaitu penyedia instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan
tugasnya. Perkembangan sejarah software dibagi dalam beberapa era yaitu Era
Pioneer, Stabil, Mikro, dan Modern. Berikut sejarah perkembangan software komputer
:
1 1. Era Pioneer
Pada Era Pioneer ini bentuk
software komputer pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian
dalam computer. Cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card
yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara
langsung, sebuah program digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan
tertentu. Di era ini software komputer merupakan satu kesatuan dengan sebuah
hardware komputer.
2 2. Era Stabil
Pada Era Stabil ini baris-baris
perintah software komputer yang dijalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu,
tapi sudah banyak proses yang dilakukan secara bersamaan (multi tasking).
Software Komputer pada era ini juga mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi
user) dan secara cepat/langsung (real time). Di era ini jugalah mulai di kenal sistem
basis data, yang memisahkan antara program dan data.
3. Era Mikro
Pada Era Mikroini software
computer dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu Software Sistem
(Windows, Linux, Machintos, dll), Software Aplikasi (Ms.Office, OpenOffice,
dll) dan Languange Software / Bahasa Pemograman (Assembler, Visual Basic,
Delphi, dll).
4. Era Modern
Pada Era Modern ini software
komputer tidak hanya untuk sebuah komputer tetapi sebuah handphone pun telah dilengkapi
dengan sebuah software system seperti Android, Symbian, dll. Tingkat kecerdasan
yang ditunjukkan oleh software komputer pun semakin meningkat, selain permasalahan
teknis, software komputer sekarangjuga mulai bisa mengenal suara dan gambar.
Software Komputer terbagi menjadi 2, yaitu :
1. Software Aplikasi.
Software
Aplikasi merupakan software yang digunakan untuk melakukan pemrosesan,
pekerjaan akhir bagi pengguna akhir (end user) suatu hardware.
contoh : Microsoft Word, Excel. Sofware ini terbagi menjadi 2
klasifikasiyaitu :
a. Software
Aplikasi Umum
Yaitu program yang
melakukan pekerjaan pemrosesan informasi umum bagi para pemakai akhir. Contohnya:
program pengolah kata (word processing), program kertas kerja (spreedsheet),
program program manaj emen data base, program grafik, adalah program-program
yang terkenal diantara para pemakai, mikro komputer untuk pemakaian rumah,
pendidikan, bisnis, keilmuan, dan banyak tujuan lain.
b. Software
AplikasiKhusus (Software
AplikasiBisnis)
Tersedia untuk mendukung
aplikasi khusus para pemakai akhir dalam bisnis dan bidang lainnya. Contohnya:
software aplikasi bisnis mendukung perekayasaan ulang dan otomatisasi proses
bisnis dengan aplikasi e-bussiness strategis seperti manajemen hubungan pelanggan,
enterprise resourse planning, dan manajemen rantai pasokan. Contohlainnya adalah
software yang dapat diaplikasikan
dalam Web seperti electronic commer,atau dalam berbagai area fungsional seperti
manajemen sumber daya manusia, akuntansi dan keuangan.
2. Software Sistem.
Software Sistemmerupakansuatu software
yang digunakanmengelola, mendukung operasi sistem dan jaringan. Contohnya :
Operation System. Software sistem terdiri dari 2 klasifikasi, yaitu :
a. Program ManajemenSistem.
Merupakan
program untukmengelola hardware, software, jaringan dan sumber daya data dari sistem
komputer selama pengoperasian berbagai pekerjaan pemrosesan informasi dari para
pemakai. Contoh: dari program manajemen sistem penting adalah sistem operasi,
program manajemen jaringan, sistem manajemen database, dan utilitas sistem.
b.Program pengembangan sistem
Merupakan
program-program yang membantu para pemakai untuk mengembangkan program dan mengembangkan
program dan prosedur sistem informasi serta yang mempersiapkan program bagi para
pemakai untuk pemrosesan melalui komputer. Program pengembangan software utama adalah penerjemah dan
editor bahasa pemrograman, serta berbagai jenis CASE (computer-aided software
engineering) dan alat pemrograman lainnya.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Komputer ialah alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau
mengolah data secara cermat menurut yang
diinstruksikan, dan memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem
multimedia. Selama perjalanan masanya, komputer berkembang melalui lima
generasi dan setiap generasi mengalami masa komputer yang berbeda-beda dengan
kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam sistem kerjanya, komputer tak
lepas dari hardware sebagai komponen fisik yang melakukan input, prosessing,
penyimpanan dan output serta software sebagai penyedia instruksi hardware dalam penyelesaian tugasnya.
DAFTAR PUSTAKA
0 komentar:
Posting Komentar